Varian Covid Omicron Bertahan Lebih Lama dan Menular

poruk.com – Dengan terus menjadi banyaknya permasalahan versi terkini omicron Covid yang timbul di semua dunia, para pakar berkata mungkin versi itu, yang awal kali diidentifikasi di Afrika Selatan minggu kemudian, telah tersebar sepanjang sebagian durasi.

Badan Kesehatan Dunia berkata pada hari Rabu kalau paling tidak 23 negeri dari 5 dari 6 area World Health Organization saat ini sudah memberi tahu permasalahan omicron,“ serta kita berspekulasi jumlah itu hendak meningkat.”

AS setelah itu jadi negeri ke- 24 yang mengonfirmasi permasalahan omicron pertamanya. Itu ditemukan pada orang yang divaksinasi penuh di California, Pusat Pengaturan serta Penangkalan Penyakit mengkonfirmasi pada hari Rabu. Permasalahan AS kedua diidentifikasi pada seseorang laki- laki Minnesota yang hadapi pertanda sehabis kembali dari New York City di mana beliau mendatangi kesepakatan dari 19- 21 November, administratur kesehatan Minnesota berkata Kamis. Ia pula divaksinasi komplit serta semenjak itu membaik, tutur mereka.

Negeri lain yang sudah mengenali versi itu adalah Inggris, Prancis, Israel, Belgia, Belanda,Jerman, Italia, Swedia, Denmark, Australia, Kanada, Hong Kong serta beberapa negeri di Afrika bagian selatan.

AS, Inggris, serta UE, antara lain, menjawab informasi versi pekan kemudian dengan menangguhkan sedangkan penerbangan dari negara- negara Afrika selatan, ataupun meresmikan karantina kencang pada siapa juga yang tiba dari area itu.

Tahap itu mengakibatkan amarah di Afrika Selatan serta sudah mengakibatkan kritik dari World Health Organization, yang berkata pada hari Rabu kalau respon sejenis itu bisa membatasi negara- negara yang menyusunkan serta memberi tahu versi virus( semacam Inggris serta Afrika Selatan, tempat versi penting Covid ditemui) supaya tidak tembus pandang. di era depan.

Omicron tersebar buat sedangkan durasi?

Versi omicron, ataupun B. 1. 1. 529 semacam yang dikenal dengan cara sah, awal kali dikabarkan ke World Health Organization yang sukses diambil oleh reporter FORZA77 dari Afrika Selatan pada 24 November. Ilustrasi awal yang dikenal berawal dari 9 November.

Namun saat ini terdapat isyarat yang bertambah kalau versi itu tersebar di negara- negara lain saat sebelum daulat kesehatan Afrika Selatan berikan ketahui bumi mengenai kehadirannya. Terdapat terus menjadi banyak permasalahan yang ditemui tanpa koneksi ekspedisi ke area itu, membuktikan transmisi komunitas lagi terjalin.

Di Skotlandia di Inggris, misalnya, 9 permasalahan sudah ditemukan yang sudah ditelusuri kembali ke“ satu kegiatan individu” yang diadakan pada 20 November serta tidak terdapat orang yang ikut serta yang dipercayai mempunyai riwayat ekspedisi baru- baru ini ke Afrika selatan.

Setelah itu, pada hari Selasa, Belanda berkata sudah mengenali versi omicron dalam 2 ilustrasi percobaan yang didapat di negeri itu antara 19 serta 23 November– saat sebelum versi itu awal kali dikabarkan oleh Afrika Selatan serta pantangan ekspedisi diberlakukan. Awal mulanya dipercayai kalau 2 penerbangan yang datang di Amsterdam dari Afrika Selatan Pekan kemudian sudah bawa permasalahan awal omicron ke negeri itu( saat ini terdapat 14 permasalahan yang dikonfirmasi segenap).

Pada hari Selasa, Jerman pula memberi tahu permasalahan omicron pada seseorang laki- laki di Liepzig yang belum sempat ke luar negara, pula tidak mempunyai kontak dengan siapa juga yang sempat ke luar negara.

Dokter Angelique Coetzee, pimpinan Federasi Kedokteran Afrika Selatan serta dokter yang awal kali mengingatkan mungkin versi, berkata pada BBC Sunday kalau ia melaksanakannya sehabis ia mulai memandang penderita dekat 18 November yang tiba dengan“ pertanda yang tidak lazim” yang sedikit berlainan dengan yang terpaut dengan versi muara sungai, tipe virus yang sangat memadamkan sampai dikala ini.

Sedangkan itu Botswana, salah satu negeri yang terserang akibat pantangan ekspedisi Barat sehabis versi itu, berkata Jumat kemudian kalau grupnya awal kali mengetahui versi itu pada 4 masyarakat negeri asing yang merambah negeri itu dalam tujuan diplomatik pada 7 November( sekali lagi, jauh lebih dini dari itu dikabarkan oleh Afrika Selatan) selaku bagian dari pengawasan Covid reguler. Itu tidak mengenali negeri asal masyarakat negeri asing itu.

Asal bukan di Afrika?

Pada rapat pers yang diadakan oleh kantor World Health Organization di Afrika pada hari Kamis, para pakar regional tubuh PBB berkata pada CNBC kalau asal ide versi omicron tidak dikenal, serta mereka mempersoalkan aksi pemisahan ekspedisi yang ditempatkan di negara- negara Afrika selatan.

“ Sistem pengawasan kita di bumi garis besar belum sempurna,” tutur Dokter Abdou Damai Gueye, ketua gawat regional di kantor World Health Organization Afrika, pada CNBC Kamis dalam rapat pers.

“ Kala kita mengetahui sesuatu versi ataupun virus… umumnya kita hendak mendeteksinya sebagian pekan sehabis beliau mengawali evolusinya. Salah satunya perihal yang kita yakini, kala sesuatu negeri mengetahui virus, merupakan sistem pengawasan negeri itu bagus. Seperti itu yang terjalin di Afrika bagian selatan, jadi ini terus menjadi melemahkan pantangan berjalan sebab… itu semacam aksi kepada sistem pengawasan yang bagus.”

Ia meningkatkan kalau“ tidak tersangka” kalau permasalahan saat ini ditemui di Eropa.

“ Cuma[dengan] pelacakan yang lagi dicoba, kita hendak ketahui lebih banyak mengenai asal ide virus ini,” tambahnya.

Rekannya, Dokter Nicksy Gumede- Moeletsi, pakar virologi tua di kantor World Health Organization Afrika, berkata pada CNBC kalau jumlah negeri yang memberi tahu versi omicron bertambah tiap hari.

“ Kelihatannya beberapa besar negara- negara yang[melaporkan permasalahan omicron] saat ini… tiba dari luar negara dari di mari di Afrika, jadi kita tidak ketahui dari mana asalnya serta kita menginginkan fakta objektif yang amat bagus buat menekuni molekuler. kemajuan versi omicron lebih lanjut.”

Para pakar yang berplatform di Eropa mengarah sepakat kalau omicron mungkin sudah tersebar lebih lama, serta lebih besar, dari yang diperkirakan tadinya.

“Asal ide Omicron sedang belum dikenal, tercantum posisi penyebarannya awal kali,” Moritz Kraemer, periset penting Program Oxford Martin mengenai Genomik Endemi di Universitas Oxford, berkata pada CNBC Kamis.

“ Itu beberapa sebab jangkauan serta pengawasan sekuensing yang terbatas di sebagian negeri” tuturnya, meningkatkan kalau Afrika Selatan mempunyai sistem pengawasan genomik yang mapan.

“ Aku individu tidak berasumsi terdapat perputaran besar yang tidak ditemukan buat durasi yang amat lama,” tutur Kraemer. Tetapi ia meningkatkan kalau ia menginginkan jumlah negeri dengan transmisi omicron memasukkan serta lokal jauh lebih besar dari yang dikabarkan.

Para pakar dengan cara besar menginginkan versi ini menabur dengan kilat mengenang gejala dini dari Afrika Selatan, di mana 74% genom virus yang diurutkan pada bulan kemudian merupakan kepunyaan versi terkini.

Lawrence Young, guru besar onkologi molekuler di Universitas Warwick, berkata pada CNBC Rabu kalau“ tidak membingungkan kalau omicron sudah tersebar lebih besar serta lebih lama dari yang dikabarkan tadinya.”

“ Sedemikian itu sesuatu versi diidentifikasi, paling utama yang mengarah lebih meluas, itu hendak menabur jauh melewati sebagian permasalahan serta negeri asli. Seperti itu watak penyakit meluas di bumi di mana ekspedisi global amat biasa,” tuturnya.

Sebagian pakar epidemiologi memperkirakan kalau versi omicron dapat mulai menabur dengan cara global dekat akhir Oktober, suatu anggapan yang disetujui oleh para pakar lain yang dibahas oleh CNBC.

Paul Hunter, guru besar medis di Norwich School of Medicine di University of East Anglia, berkata pada CNBC Rabu kalau, mengenang ilustrasi omicron sangat dini yang dikenal didapat pada 9 November di Afrika Selatan,“ nyata infeksinya tentu sedikit tersebar. saat sebelum itu melainkan permasalahan indikator merupakan orang yang variannya berevolusi, tetapi bisa jadi tidak jauh lebih dini.”

Sedangkan Danny Altmann, guru besar imunologi di Imperial College London, berkata ia“ tentu sepakat itu mungkin” kalau versi omicron menabur lebih dini dari November, serta tidak terdapat kejelasan itu berawal dari Afrika Selatan.

“ Nilai yang jadi atensi lewat melonjaknya permasalahan serta pengurutan yang amat bagus di dekat Gauteng[di Afrika Selatan] dari pekan kedua November tidak meyakinkan itu timbul di dekat situ ataupun kalau ini merupakan titik awal mulanya.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.